5+ Daftar UMR Singapura Terbaru

Daftar UMR Singapura Terbaru

UMR merupakan kepanjangan dari Upah Minimum Regional. Setiap pergantian tahun, pastinya besaran gaji ini akan berubah menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan kenaikan barang yang ada di pasaran. Lantas, berapa UMR Singapura?

Gaji UMR Singapura Setiap Profesi

Di Indonesia sendiri, UMR paling tinggi yang pernah tercatat adalah sebesar 5 Juta rupiah. Beda halnya dengan Negara lain, contohnya Singapura yang merupakan Negara dengan UMR tertinggi di Asia Tenggara, yakni sebesar 48 juta rupiah atau 4.585 SGD. Daftar UMR Singapura Terbaru

Dengan perbedaan yang cukup jauh ini, pastinya banyak orang yang mulai tergiur dan mencari informasi berkaitan dengan besaran UMR Singapura di berbagai profesi pekerjaan. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa profesi beserta rata-rata gajinya di bawah ini!

Jika Anda berkeinginan untuk bekerja di Singapura dan mengisi profesi kosong di beberapa tempat di Negara tersebut, mungkin membutuhkan referensi besaran UMR yang diberikan. Berikut ini deretan profesi dengan besaran gaji rata-ratanya, yakni:

Profesi Rata-Rata Gaji
Mekanik 3.050 SGD
Translator 6.880 SGD
Manajer Proyek 10.100 SGD
Guru 5.800 SGD
Pengasuh 3.200 SGD
Chef 4.900 SGD
Insinyur Mekanik 7.920 SGD
Pelayan 2.480 SGD
Developer/programmer 7.950 SGD
kasir 2.930 SGD

Bagaimana Aturan dalam Proses Penerimaan Gaji di Singapura?

Setelah mengetahui beberapa profesi dan rata-rata gajinya, mungkin Anda juga penasaran dengan bagaimana aturan dalam proses penerimaan gaji di Negara singapura. Berikut ini beberapa penjelasan penting yang harus diketahui, diantaranya:

  1. Pembayaran gaji migran yakni pada saat mencapai hari terakhir periode pemberian upah itu sendiri.
  2. Jika terjadi keterlambatan pemberian gaji, waktu yang masih dapat ditoleransi yakni selama 7 hari setelah periode pemberian gaji.
  3. Jika terjadi keterlambatan pemberian upah setelah 7 hari, maka majikan atau pemilik perusahaan harus membayar bunga sebesar jumlah yang belum dibayarkan dari tanggal pembayaran jatuh tempo hingga tanggal pembayaran secara aktual.
  4. Dalam hal ini, majikan atau pemilik perusahaan tidak boleh memotong gaji karyawannya. Kecuali memang ada pengecualian komprehensif yang tertulis di dalam peraturan kerja.
  5. Jika Anda sebagai pekerja migran memiliki masalah dengan gaji yang diberikan, Anda bisa mengajukan gugatan sesuai dengan peraturan kerja yang sudah ada.

Disini, pekerja sangat dijaga haknya oleh Pemerintah dan Undang-Undang agar bisa menerima upah sesuai dengan profesi dan waktu kerjanya. Selain itu, tidak ada penyelewangan atau pemotongan gaji tanpa landasan yang jelas, sehingga tidak merugikan kedua belah pihak ke depannya.

Jika informasi ini kurang jelas dan masih ada banyak pertanyaan berkaitan dengan UMR di Singapura, Anda bisa mengunjungi situs https://besargaji.com/gaji-tki-singapura/ ini.

Itu tadi informasi yang bisa disampaikan mengenai besaran gaji UMR Singapura untuk Anda jadikan sebagai patokan apabila ingin bekerja di Negara tersebut. Pastikan juga menyesuaikannya dengan pertimbangan-pertimbangan lain.